foto koe..

foto koe..

Kamis, 13 Oktober 2011

Memajukan Indonesia dengan Entrepreneurship

Entrepreneur merupakakan suatu jiwa wirausaha yang harus di timbuhkan di Indonesia. Dengan semangat wirausaha yang tinggi, akan dapat mengurangi jumlah pengangguran di negeri kita. Sangat jelas bahwa jumlah pengangguran sangat banyak baik terselubung maupun yang terdeteksi, belum lagi ditambah dengan pengangguran intelektual yang di ciptakan oleh perguruan tinggi negeri dan swasta.

Dengan menggalakkkan jiwa entrepreneur , maka akan tumbuh sifat kreatif yang memunculkan ide bagaimana cara membuat lapangan kerja baru. Dengan begitu akan muncul persaingan baru untuk mendirikan sebuah perusahaan demi menciptakan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan para pengangguran masyarakat sekitar.

Selama ini, pendidikan kita mengajarkan bahwa pekerjaan adalah menjadi karyawan atau membantu orang lain untuk mengembangkan usahanya. Sementara pembelajaran wirausaha hampir tidak kita temui pada pendidikan kita. Akibat sistem inilah yang membuat tenaga kerja kita itu berfikir bahwa bekerja adalah di sebuah perusahaan, pabrik, kantor, atau tempat lainnya.

Sementara untuk mendirikan sebuah lapangan pekerjaan sangat jarang di lakukan oleh lulusan pelajar kita. Mereka cenderung berusaha membuat lamaran pekerjaan yang di sebarkan kebanyak tempat kerja yang notabene tidak membutuhkan pekerja baru.

Kebanyakan perusahaan yang membutuhkan pekerja baru adalah mencari tenaga yang sudah berpengalaman atau memiliki keahlian yang sangat jarang di kuasai oleh kebanyakan orang. Artinya lulusan pendidikan kita yang tidak memiliki keahlian akan tetap menjadi pengangguran.

Beruntung mereka yang menganggur di sadarkan akan lowongan kerja yang selalu membutuhkan karyawan dan bersifat tak terbatas. Lowongan apakah itu? Menjadi ENTREPRENEUR tentunya.

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa di lakukan pada Negara tercinta ini, baik dalam bidang jasa maupun barang. Kelimpahan sumber daya alam yang meliputi: hutan, perkebunan, sawah, tambak, kelautan, tambang, dan beraneka jasa diantaranya: pendidikan , permodalan, informatika, service, konsultan, guru, dosen , penulis, pengacara merupakan wadah untuk mendirikan sebuah usaha. Kita tinggal menentukan pilihan kita yang harus di sesuaikan dengan hobi, passion dan keahlian masing masing yang kita kuasai.

Maka dari itu jiwa entrepreneur pelajar harus kita tumbuhkan. Semua pengangguran harus kita didik untuk menjadi seorang kreatif yang mampu menangkap peluang usaha dan pengembangannya. Dengan begitu akan tercipta lapangan pekerjaan yang bisa mendatangkan kemakmuran bagi Bangsa dan Negara kita ini.

Tidak ada komentar: